Minggu, 11 Januari 2015

Essay : Gambaran Media Pembelajaran di Masa Mendatang sebagai Cikal Bakal Kejayaan Dunia Pendidikan


 Disadari atau tidak, kita telah memasuki era globalisasi dimana semua akan terus  berkembang tanpa henti, tak terkecuali teknologi. Teknologi dari waktu ke waktu akan  berkembang sesuai dengan jamannya. Salah satu produk dari teknologi adalah media  pembelajaran. Media pembelajaran merupakan alat yang digunakan sebagai perantara untuk mencapai tujuan pembelajaran.


 Media Pembelajaran sangat diperlukan karena sangat membantu dalam proses  pembelajaran. Sesuai dengan jamannya, media pembelajaran akan terus berkembang. Pada era dulu, media yang paling populer adalah buku, namun pada era modern atau jaman yang akan datang mungkin media buku telah tergantikan dengan media pembelajran lain. Tak bisa dipungkiri bahwa tidak ada media pembelajaran yang tetap. Pasti ada kemajuan atau  perkembangan dari setiap media pembelajaran, entah dari segi kecanggihan, keefektifan dan keoptimalan, dll.

Inovasi dalam media pembelajaran akan terus meningkat. Pertama, di masa yang akan mendatang media pendidikan diperkirakan akan kental dengan hal yang berbau teknologi informatika, karena jika kita lihat sekarang teknologi informatika bukan merupakan hal yang tabu, akan tetapi sudah menjadi sebuah kebutuhan hidup yang sangat besar manfaatnya. Salah satu contoh mungkin di masa mendatang anak-anak sekolah tidak usah membawa buku  pelajaran saat ke sekolah, akan tetapi anak-anak telah dibekali semacam alat seperti chip yang akan membantu mereka belajar di dalam kelas.

 Kedua, media pembelajaran di masa yang akan datang akan bersifat praktis, tidak ribet dan menyenangkan, sehingga dalam menggunakan media tersebut peserta didik seakan terhipnotis untuk terus menggunakan media tersebut tanpa ada rasa bosan. Selain itu media yang bersifat menyenangkan akan membuat peserta didik menjadi tertarik dan secara tidak langsung hal tersebut memicu tumbuhnya keinginan untuk mempelajari lebih dalam tentang materi yang diajarkan

 Ketiga, memahami situasi emosional atau gelombang otak peserta didik merupakan gambaran media di masa mendatang. Jadi media tersebut dapat mendeteksi apa situasi emosional atau gelombang otak peserta didik. Apabila peserta didik berada pada Beta, Teta dan Delta, maka media pembelajaran tersebut tidak dapat digunakan. Tapi apabila posisi  berada pada Alfa maka media tersebut akan dapat digunakan. Media pembelajaran ini cocok untuk pembelajaran individu atau mandiri

 Keempat, masa mendatang media pembelajaran merupakan teman dan dijadikan sebuah kebutuhan dalam kehidupan. Pada saat ini pembelajaran telah menjadi kebutuhan  primer dan media pembelajran merupakan kebutuhan sekunder. Akan tetapi bukan hal yang mustahil apabila di masa mendatang media pembelajran akan menjadi kebutuhan primer yang mana sangat bermanfaat bagi seluruh masyarakat.

 Yang terakhir adalah bahwa media pembelajaran di masa yang akan datang akan dijadikan suatu ajang persaingan antara para teknolog untuk meciptakan suatu media yang sempurna.

 Dari gambaran media pembelajaran masa mendatang di atas maka dapat kita lihat sebegitu pentingnya peran media pembelajaran dalam meningkatkan segala aspek pendidikan ataupun pembelajaran. Untuk menciptakan media di masa mendatang tugas utama yaitu menyiapakan sumber daya manusia atau para teknolog yang unggul, sebab manusia yang  berkualitas akan membawa suatu perubahan yang besar.

 Pendidikan yang unggul, berkualitas dan modern adalah cita-cita yang ingin dicapai oleh dunia. Karena investasi pendidikan merupakan jantung dari suatu pembangunan yang dapat memajukan bangsa, untuk mencapai cita-cita tersebut dibutuhkan peran dari berbagai komponen pendidikan, salah satunya media pembelajaran yang mampu menjawab  permasalahan pendidikan di dunia.